Proses Evakuasi Riung Gunung Sementara Dihentikan

0
171

Proses pencarian dan evakuasi korban di wilayah Riung Gunung Cisarua dihentikan karena berdasarkan hasil pencarian hari pertama hingga hari ini dengan menggunakan berbagai macam cara mulai dari pengerahan pasukan, alat berat, satwa K9, pemadam kebakaran dan juga cara-cara lainnya belum ditemukan tanda-tanda adanya korban. Sehingga tim memutuskan pencarian dan evakuasi korban hari ini dihentikan.

Untuk proses berikutnya sesuai dengan prosedur yang dimiliki oleh BPBD tahap-tahap masih berlaku sampai tanggal 18 Februari, dilanjutkan dengan pekerjaan dari Kementerian PUPR untuk memulihkan dan menormalkan kembali jalan yang terkena dampak longsor.

Sejauh ini sudah ada 1 orang korban meninggal dunia, 1 orang korban kritis dan 3 orang selamat. Untuk keterangan an. Agus pengemudi angkot yang angkotnya juga terseret oleh longsor tetap ditindak lanjuti hingga saat ini, namun kenyataannya dari keterangan tersebut belum ditemukan.

Hingga jam 16.30 tim melakukan pencarian dengan alat berat juga belum ditemukan korban yang terindikasi dari keterangan saksi.

Dihimbau kepada masyarakat agar bangunan yang berada di tebing atau tempat rawan longsor untuk sementara dikosongkan. Tindakan selanjutnya apakah akan di relokasi atau apapun itu merupakan kewenangan Pemerintah Daerah. Kami hanya merekomendasikan dan melakukan pendampingan apabila ada tindakan lanjutan yang akan dilaksanakan. Keterangan dari Badan Geologi ESDM merupakan suatu hal akademis karena sudah melakukan survei pendataan dan penelitian sehingga dapat dijadikan rekomendasi terutama Pemda yang memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan selanjutnya.

Kegiatan berikutnya merupakan kegiatan BPBD dan PUPR untuk melakukan normalisasi jalan dan pemulihan kondisi jalan.

Penutupan jalan tetap dilakukan selama 10 hari karena merupakan kesepakatan dari berbagai pihak yang berkompeten untuk menilai kelayakan jalan kearah Puncak.

Dari tim gabungan TNI POLRI siap dikerahkan apabila terjadi bencana alam seperti bencana longsor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here